Sekda Sri : UMKM Kita Perlu Diberikan Teknik Negosiasi dan Bergaining

Loading

BALIKPAPANUPDATE – Sekda Sri Wahyuni menjelaskan dukungan PBB melalui UNCTAD untuk memberikan edukasi dan peningkatan kapasitas bagi para pelaku UMKM Kaltim ini sangat penting, agar mereka bisa bersaing di kancah global dengan nilai tawar yang lebih baik dan seimbang.“UMKM kita perlu diberikan teknik yang baik, termasuk untuk urusan negosiasi dan bargaining.

Ini penting supaya UMKM kita tidak mudah diperdaya oleh mitra kerja di negara-negara besar, khususnya dalam hal membaca klausul-klausul perjanjian mitra internasional. Saya kira ini bukan hanya Kaltim, tapi semua provinsi di Indonesia,” harap Sekda Sri Wahyuni.

“Prioritas untuk melanjutkan kerja sama dengan Indonesia. Kami senang sekali membantu karena Indonesia termasuk negara penting. Ekonomi kreatif Indonesia sudah cukup maju,” urai Marisa.Sedangkan tentang contoh sukses dari intervensi edukasi dan asistensi yang diberikan UNCTAD, Vincent Valentine menyebut sangat banyak dan bisa dilihat di portal yang disediakan oleh UNCTAD. Semua informasi dapat diakses dan semua negara mendapat hak yang sama.

Ia hanya menyebut satu contoh yang bisa dengan mudah dijelaskan adalah Jamaika. Sentuhan yang dilakukan UNCTAD untuk membangun Jamaika dengan pengembangan ekonomi kreatif melalui musik yakni musik reggae.“Sekarang sektor ini menjadi andalan ekonomi mereka,” ungkap Vincent.

Mereka juga menjelaskan pentingnya membangun kapasitas dan membangun asistensi teknis, serta membangun pengertian dalam pembuatan kebijakan dan regulasi. Mereka pun terus melakukan pemetaan keberhasilan di banyak negara. Tidak kalah penting adalah kebijakan inklusif untuk dapat mengatasi hambatan memasuki rantai pasok dunia.
“Ingat, ini bukan final. Ini bukan tongkat sihir. Perlu terus kolaborasi. Perlu kebijakan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif, di negara manapun” pesan Marisa mengakhiri. (ADV/Kominfo Kaltim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!