Muhammad Adam Gelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan di RT 77 Manggar, Pentingnya Pemahaman Konsensus 4 Pilar

BALIKPAPANUPDATE – Anggota DPRD Provinsi Kaltim Ir H Muhammad Adam, M.T, menggelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan di Wilayah RT 77 Perumahan Bukit Batakan Permai Kelurahan Manggar, Kecamatan Balikpapan Timur pada Selasa (29/11/22).

Muhammad Adam kembali mengingatkan kepada masyarakat tentang pentingnya konsesus empat pilar yakni Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI. Dirinya mengatakan sosialisasi ini dilakukan sebagai bentuk menguatkan kepada masyarakat, untuk dapat memahami nilai-nilai Pancasila termasuk makna dari UUD 1945.

“Kita harus menyampaikan UUD 1945 kepada mereka yang mengatur seluruh aspek kehidupan kita, seperti UUD 1945 mengenai pendidikan, kesehatan, Kedaulatan ada ditangan rakyat. Itu makna yang dimaksud pada UUD 1945. Ditangan rakyatlah mereka menentukan bangsa ini, ketika mereka memilih pemimpin yang benar untuk membawa negeri, maka pembangunan akan jalan,” ungkapnya.

Dalam kegiatan sosialisasi ini, Muhammad Adam juga didampingi narasumber Andi Firman dan Chakir yang menjelaskan tentang makna 4 pilar konsesus ini yang dimulai dari pembentukan ideologi bangsa yaitu pancasila di masa awal-awal kemerdekaan republic Indonesia tahun 1945 “kenapa sebagai dasar, karena kita ini terdiri dari berbagai macam suku, budaya dan agama yang harus disatukan melalui pancasila”, Ujar Chakir yang mempunyai latar belakang sebagai guru di SMA Negeri di Balikpapan.

Setelah Pancasila kemudian dibentuklah undang-undang dasar 1945 sebagai konstitusi ,karena sebuah Negara harus mempunyai konstitusi untuk menjalankan sistem pemerintahannya berdasarkan peraturan yang dibuat “aturannya semua telah disebutkan di pembukaan UUD 1945 yang menjadi dasar hukum di Indonesia ”, Terang Chakir.

Chakir menjelaskan kenapa NKRI disebut Negara kesatuan, tujuannya agar Negara Indonesia tidak terpecah belah kembali dengan semboyan bhineka tunggal ika yang artinya walaupun berbeda-beda tetap satu jua “sehingga dalam kehidupannya kita mempunyai adab dan sopan santun dengan sesama manusia, karena kita membentuk Negara agar kita bisa bersatu tentunya dengan cara musyarawah dan mufakat untuk mencapai keadilan sosial “Tutur Chakir.

Muhammad Adam mengaku senang antusias warga RT 77 dalam mengikuti kegiatan sosialisasi Wawasan Kebangsaan sangat tinggi dihadiri lebih dari 100 orang dan banyak dari warga menyampaikan aspirasinya terkait minimnya sekolah di kawasan Kelurahan Manggar “ada keluhan tentang sekolah SD, SMP dan SMA yang jumlahnya terbatas, kemudian fasilitas umum seperti jalanan rusak, dan pasti saya akan tanggapi sesuai kewenangan saya terutama terkait pembangunan SMA/SMK yang menjadi tanggung jawab provinsi kaltim” ujar Muhammad Adam. (dedy/bu)

4 PILAR KEBANGSAAN – Muhammad Adam Menjelaskan Pentingnya Pemahaman Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!