Program SAKTI Akan Disosialisasikan Perpusnas Ke Kaltim

BALIKPAPANUPDATE – Kehadiran para pemenang lomba literasi dari kalimantan timur ke perpustakaan nasional pada 10 november lalu disambut baik. Mengingat sangat jarang sekali kegiatan yang melibatkan para pegiat literasi dengan berkunjung ke perpustakaan nasional. Perwakilan pusat jasa informasi perpustakaan dan pengelolaan naskah nusantara nasional RI agus sutoyo saat ini perpustakaan di daerah mesti mempunyai konsep yang membuat masyarakat betah berlama-lama di perpustakaan.

Salah satunya dengan konsep layanan kartu SAKTI (satu kartu terintegrasi). Melalui layanan SAKTI para anggota perpustakaan daerah kaltim secara otomatis juga menjadi anggota perpustakaan nasional sehingga memudahkan peminjaman buku antar provinsi.

“kami juga nanti akan membuat sosialisasi ke Kalimantan Timur berkaitan dengan peningkatan literasi, jadi peminjam koleksi yang terdapat di DKI Jakarta, kalau dia juga merupakan anggota perpustakaan DPK Kaltim itu sudah saling terkoneksi dan artinya juga warga di Kota Samarinda , Balikpapan, Kukar dan lainnya kalo sudah terintegrasi dengan SAKTI, itu secara otomatis juga menjadi anggota perpustakaan nasional”, Ucap agus sutoyo

Agus sutoyo juga menekankan penyediaan informasi yang cepat dengan teknologi digital. oleh karena itu perpusnas punya program yaitu e-pusnas. Lebih dari dua juta buku yang bisa dimanfaatkan masyarkat seluruh Indonesia. Dengan memiliki SAKTI warga di kaltim  sudah terintegrasi sebagai anggota perpusnas.

Sehingga peminjam koleksi di jakarta yang dilakukan anggota di kaltim bisa terkoneksi “jadi contohnya dari peminjam dari Samarinda dan memiliki kartu SAKTI, dia secara otomatis bisa meminjam perpustakaan nasional dan bisa meminjam secara fisik buku yang dikirimkan akan tersedia di DPK Kaltim tak perlu mengirim buku secara mandiri”, terang Perwakilan pusat jasa informasi perpustakaan dan pengelolaan naskah nusantara nasional RI agus sutoyo. (dy/ADV32)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!