Peserta Wisata Literasi Kagum Lihat Perpustakaan Nasional

Loading

BALIKPAPANUPDATE – Setelah mengunjungi Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI, Kamis (10/11), rombongan wisata literasi Kaltim yang dipimpin Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim M Syafranuddin, Jumat (11/11) mengunjungi Perpustakaan Pemprov DKI di Jalan Cini Raya Jakarta.

Perpustakaan HB Jassin di Taman Ismail Marzuki (TIM)  Jakarta ini, dari luar tampak megah. menambah kekaguman peserta wisata literasi yang berjumlah 40 orang diantaranya pemenang lomba Literasi Kaltim Tahun 2022.  Setiba gedung yang baru beroperasi bulan Juli 2022 ini, rombongan disuguhi pemandangan luar biasa. “Gedungnya megah sekali, cantik lagi,” sebut Adji Zahra Mahdiyyah – Pelajar MAN Berau.

Sebelum melakukan tour di Perpustakaan HB Jassin, rombongan diterima Ira – Pustakawan Perpustakaan HB Jassin. Hanya bertemu beberapa menit, Ira bersama pustakawan lainnya langsung mengajak warga Kaltim ini berkeliling namun belum lama berada di ruang layananan, perhatian anggota rombongan sepertinya terpecah-pecah melihat koleksi dan kondisi ruangan yang tertata apik.

Namun dari beberapa ruangan yang dikunjungi, semua rombongan terkesima dengan ruang khusus difabel dimana mereka langsung dilayani  pegawai Perpustakaan HB Jassin yang juga mengalami gangguan penglihatan.

Meski demikian, kepada rombongan, dua petugas meski dalam keadaan penglihatan terbatas dengan ramah dan cekatan menjelaskan fungsi peralatan yang mereka fungsinya jika ada pengunjung berkebutuhan khusus. “Sejumlah buku telah direkam dan dijadikan literatur bagi pengunjung berkebutuhan khusus,” terang Ira.

Perpustakaan milik Pemprov DKI Jakarta ini dipugar habis-habisan semasa kepemimpinan Anies Baswedan. Perpustakaan yang tampak menjulang tinggi ke langit ini, dijelaskan Ira kini menyimpan lebih 138 ribu judul buku termasuk karya sastrawan ternama diantaranya HB Jassin. “Konsepnya, pengunjung dibuat nyaman selama berada di sini, lihat saja bagaimana pengunjung di sini saat melahap buku-buku mereka,” beber Ira  seraya memperlihatkan berbagai gaya pemusaka ketika sedang membaca buku pilihannya. (dy/ADV20)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!