DPK Kaltim Harapkan Diorama Sejarah Dapat Terwujud di Gedung Baru

Loading

BALIKPAPANUPDATE – Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim M Syafranuddin belum lama ini menjadi narasumber di program pojok literasi garapan Balikpapan Televisi, dalam talkshow yang berlangsung selama kurang lebih 60 menit itu, Syafranuddin banyak menyampaikan pandangannya terkait peningkatan literasi masyarakat di Kaltim, baik yang membaca buku cetak maupun digital.

Dirinya juga senang karena banyaknya atensi yang masuk dari masyarakat Balikpapan terkait peningkatan literasi “Kami sangat senang karena dengan bersinergi ini, kami juga dapat menyampaikan pesan-pesan kami kepada masyarakat terutama kepada masyarakat di Kota Balikpapan. Sebagai kota penyangga IKN ini perlu dukungan literasi dalam hal meningkatkan sumber daya manusianya”, Tutur Pria yang akrab disapa Ivan ini.

Terkait program Diorama Sejarah Kaltim yang menjadi gagasannya, dirinya mengaku masih sebatas konsep mengingat untuk membuat diorama membutuhkan ruangan khusus yang ukurannya luas dan lokasi yang dimaksud yaitu Hotel Atlet Sempaja, namun karena belum mendapat izin menempati lokasi tersebut, dirinya yakin program diorama sejarah Kaltim akan tetap berjalan entah di kantor perpustakaan daerah yang lama ataupun yang baru nantinya.

“Kami masih dalam rangka konsep, karena ini juga menyangkut anggaran yang tidak sedikit karena, karena persoalan tempat, kalau memang ada hotel atlet disempaja itu maka kemungkinan bisa dijadikan lokasi diorama”, Tutur Ivan.

Jika terwujud nantinya Diorama Sejarah Kaltim ini akan diisi oleh dokumen penting kerajaan di Kaltim pada masanya, pihaknya juga telah melakukan kunjungan ke beberapa kesultanan di kaltim untuk mencari informasi “kami ingin menggali sejarah tentang kesultanan, karena beberapa dokumen penting milik kerajaan masih ada di tangan ahli waris, karena perlu kita simpan juga di perpustakaan daerah, karena fungsi kami tak hanya perpustakaan saja tapi juga menyimpan arsip penting”, Ujarnya, (dy/ADV13)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!