Desa Pela di Kukar Masuk 50 Besar Desa Wisata Terbaik di Indonesia, Faisal : Saya Yakin Bapak Gubernur Pasti Bangga

BALIKPAPANUPDATE – Desa Pela di Kabupaten Kutai Kartanegara masuk dalam nominasi 50 besar Desa Wisata Terbaik di Indonesia dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022 yang digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Keberhasilan ini disampaikan langsung oleh Kadiskominfo Provinsi Kaltim Muhammad Faisal menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya untuk Desa Pela yang merupakan satu-satunya desa yang mewakili Provinsi Kalimantan Timur dari 3.416 peserta Desa Wisata dari 34 Provinsi di Indonesia. “Saya yakin Bapak Gubernur Isran Noor juga pasti bangga jika dilaporkan hal ini,” Ucap Faisal.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengumumkan langsung nominasi peserta terpilih melalui channel YouTube Kemenparekraf, pada Rabu, 27 April 2022. Setelah penetapan 50 besar ini, pasca lebaran nanti, akan melakukan visitasi ke seluruh desa wisata yang sudah ditetapkan oleh tim juri ADWI 2022 untuk melakukan penilaian selanjutnya menetapkan pemenang pada tujuh kategori penilaian.

Ketujuh kategori tersebut adalah aspek daya tarik wisata, aspek CHSE, konten digital dan kreatif, toilet umum, homestay, souvenir, dan kelembagaan. “Tujuh kriteria itu akan di nilai langsung oleh tim juri serta pengamatan di lapangan, jadi sekarang tugas berat menanti para pengelola, tentu Pemprov Kaltim melalui Dinas Pariwisata tentu tidak tinggal diam akan hal ini, semua pasti sinergis mendukung dan melengkapi kekurangan yang ada,” jelas Faisal.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim Irvan Rivai menjelaskan bahwa sebelumnya di peringkat 100 besar ADWI Provinsi Kaltim berhasil masuk dengan tiga desa. “Pada 100 besar Alhamdullillah Provinsi Kaltim berhasil masuk tiga desa, yakni Desa Wista Pela di Kukar, Desa Wisata Malahing di Bontang dan Desa Wisata Teluk Harapan di Berau, Kemudian pada penilaian berikutnya sisa Desa Pela yang berhasil masuk di 50 besar,” ungkapnya. (dk/ADV/Kominfo Kaltim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!