DPRD Kota Balikpapan Sepakati KUA-PPAS, 4 Program Prioritas Siap Jalan Tahun Ini !

BAGIKAN
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

BALIKPAPANUPDATE – DPRD Kota Balikpapan bersama Pemerintah Kota Balikpapan menyepakati anggaran untuk menjalankan program prioritas Wali Kota Balikpapan yang tertuang dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) dengan menandatangani KUA-PPAS (Kebijakan Umum Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah –  Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara) Perubahan Tahun 2021 diruang rapat paripurna kantor DPRD Balikpapan pada jumat siang (27/8/21).

Ketua DPRD Kota Balikpapan menjelaskan dalam penetapan KUA-PPAS tahun 2021 ini termasuk juga dengan rencana kegiatan proyek multiyear (tahun jamak) selama 3 tahun kedepan untuk pembangunan sekolah, penanganan Banjir dan Pembangunan Rumah sakit “Di dalam KUA-PPAS, DPRD dengan Wali Kota menyepakati pengerjaan tahun jamak (multi year) yang rencananya akan dilaksanakan pada 2021, 2022, dan 2023. Namun, ada yang mulai pengerjaannya 2022 dengan 2023 saja atau dua tahun, Antara lain adalah DAS (Daerah Aliran Sungai) Ampal untuk infrastruktur penanganan banjir, karena itu bagian dari visi misi Wali Kota. Fokus pembangunan itu di DAS Ampal senilai kurang lebih Rp 150 miliar,” jelas Abdulloh.

Lanjut Abdulloh untuk Pembangunan rumah sakit Sayang Ibu di Multiyearskan dengan alokasi anggaran sekitar Rp 162 Miliar, termasuk juga 2 unit sekolah baru “di multi year-kan (tahun jamak) sampai dengan 2023 yaitu SMP di Balikpapan Barat (bertahap), dan SMP di Balikpapan Selatan. Kemudian ada pembangunan SMP terpadu di Balikpapan Utara. Insyaallah fokus ya”, Ujarnya.

Abdulloh menurutkan Warga kota Balikpapan dapat langsung merasakan manfaat dari program BPJS Kesehatan gratis kelas 3 mandiri mulai bulan September mendatang sehingga ini merupakan bentuk nyata janji yang disampaikan Wali Kota Balikpapan “Masyarakat sudah bisa menikmati nanti mulai September, sampai dengan Desember, disambungkan atau dilanjutkan Januari sampai Desember 2022, dan seterusnya atau selama masa jabatan Wali Kota Balikpapan, Itu komitmen Wali Kota ya kepada masyarakatnya. Mudah-mudahan masyarakat mensupport dan wajib lah mensupport semua program-program yang dijalankan Pemerintah Kota Balikpapan, khususnya Wali Kota Balikpapan yang konsen sekali kepada rakyatnya dan untuk mensejahterakan rakyat,” Ujarnya.

Terkait anggaran KUA PPAS, Abdulloh mendapatkannya dari PAD dan Pendapatan Lainnya seperti Bantuan keuangan, Dana Alokasi Khusus dan Bantuan Pusat “itu kan belum turun semua. Jadi untuk total APBD Kota Balikpapan saat ini belum bisa disampaikan, tetapi kalau KUA PPAS, hari ini kesepakatannya”, Tambah Abdulloh. (dy/bu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *