3 Program Visi Misi Wali Kota Balikpapan Jadi Prioritas Pansus RPJMD, 2 Sekolah Baru Siap Dibangun Tahun Depan !

BALIKPAPANUPDATE – Ada 3 Program kerja yang menjadi prioritas Pansus Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dari 9 rekomendasi Program visi misi Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud, yaitu Pendidikan, Kesehatan dan Penanganan Banjir.

Wakil Ketua DPRD Balikpapan Budiono menjelaskan untuk penanganan banjir itu mulai dikerjakan tahun 2020 menggunakan APBD Murni dengan proyek multiyears selama 3 tahun. Dari 80 titik banjir di Balikpapan kawasan Mt. Haryono menjadi prioritas utama seperti Depan Transmart, Depan Balikpapan Sports Center yang muaranya nanti mengarah ke Daerah Aliran Sungai Ampal “Penanganan DAS Ampal itu di multiyears artinya tidak selesai satu tahun, kita akan anggarkan sampai ditahun 2023, angkanya lebih dari Rp 170 Miliar, disana akan mengatasi banjir mulai sekunder hingga primernya”, Ujarnya ketika diwawancarai awak media Balikpapanupdate di ruang kerjanya pada senin pagi (16/8/21).

Selanjutnya program kesehatan yang dalam rekomendasi RPJMD tertuang Pemerintah Kota menjamin Pembayaran kontribusi Iuran BPJS Kesehatan Kelas III PBPU sesuai dengan peraturan Wali Kota yang rencananya akan diterapkan mulai bulan September 2021 menggunakan dana APBD P dan juga pembangunan Rumah Sakit “Program visi misi kepala daerah  yang tertuang dalam perda RPJMD salah satunya akan membangun rumah sakit sayang ibu tipe C karena untuk pelayanan kesehatan itu akan membangun rumah sakit dan memberikan bantuan BPJS kelas 3 Mandiri, Anggarannya Rp 69 Miliar untuk 72 Ribu peserta yang terdata di PBI (Penerima Bantuan Iuran) kita anggarkan setiap tahunnya”, terangnya.

Dibidang Pendidikan dari hasil rekomendasi tentang kurangnya 6 SMP dan 16 SD di Kota Balikpapan membuat perlunya membangun sekolah baru dengan Membuat skema penyelesaian rasio daya tampung peserta didik sebesar 75% sekolah negeri sampai dengan tahun 2024, dimulai pada tahun 2022 mendatang pembangunan sekolah pertama rencananya di kawasan perumahan Regency di Balikpapan Selatan untuk SD dan SMP, dan pembangunan sekolah kedua di kawasan Margasari Balikpapan Barat  “Kita akan membangun sekolah ada 2 USB (Unit Sekolah Baru) , itu juga di multiyearskan nanti ,Anggarannya sekitar Rp 90 Miliar”, jelas Budiono.

Budiono juga menyampaikan Dibidang pendidikan ada program pemberikan seragam gratis  bagi siswa SMP dan SMA negeri dan Swasta. Dari ketiga program prioritas ini diharapkan dapat segera terwujud cepat agar warga kota Balikpapan dapat merasakan langsung manfaat dari visi misi Wali kota “3 itu diantara 9 program yang menonjol kita kawal di DPRD tentunya untuk mewujudkan visi misi wali kota terpilih Rahmad Mas’ud”, Tambahnya. (dedy/bu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *