Pansus RPJMD Anggarkan Rp 2 Triliun Untuk Pemenuhan 9 Program Wali Kota Balikpapan

BALIKPAPANUPDATE – DPRD Balikpapan menggelar rapat pansus Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Balikpapan tahun 2021-2026 bertempat di gedung parkir klandasan (GPK) pada selasa pagi (3/8/21).

Dipilihnya lokasi GPK sebagai ruang rapat bertujuan untuk memberikan sirkulasi udara yang baik bagi para anggota dewan dan OPD karena luasnya aula dilantai 8 terlebih rapat dilakukan dari pagi hingga malam hari.

Ketua DPRD Kota Balikpapan Abdulloh, S,Sos menjelaskan semua pembahasan antara pansus dan OPD mengacu pada RPJMD wali kota Balikpapan selama 5 tahun kedepan, mengenai program kerja dari masing-masing OPD disesuaikan berdasarkan keuangan dan realisasi 9 program visi misi wali kota Balikpapan, termasuk sektor-sektor yang menjadi proritas “Biaya pemenuhan kebutuhan dibeberapa sektor pendidikan, kesehatan dan visi misi wali kota, Pendidikan seperti seragam, kesehatan seperti BPJS , Infrastruktur dan penanganan banjir insya allah akan kita mulai di APBD P Tahun 2021 dan APBD Murni Tahun 2022”, Terang Abdulloh usai diwawancarai awak media disela-sela rapat pansus.

Mengenai besaran anggaran yang dibutuhkan untuk merealisasikan program visi misi wali kota Balikpapan, Abdulloh menuturkan butuh Rp 2 Triliun untuk mewujudkannnya dan dirinya pun optimis mampu tercapai ditahun depan “Kami optimis ditahun 2022 covid-19 sudah tidak ada lagi”, Ujarnya.

Adanya PPKM Level 4 membuat pemkot Balikpapan harus merefocusing anggaran di tahun 2021 untuk penanganan warga terdampak penyekatan, kondisi ini otomatis membuat rencana makin besar namun tidak diimbangi pencapaian PAD Balikpapan tahun ini baru mencapai 42 persen dari target Rp 692 Miliar diakhir Desember 2021 mendatang. Tak Pelak ada beberapa program yang semestinya bisa dipangkas dan diwujudkan pemenuhan kebutuhannya seperti kesehatan dan pendidikan. (dedy/bu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *