Satgas Covid-19 Balikpapan Sidak pengunjung Pasar Segar, 2 Orang Kedapatan Reaktif !

BALIKPAPANUPDATE –Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Balikpapan melakukan sidak ke pasar segar Jalan Sungai Ampal Balikpapan Utara pada jumat malam pukul 21.00 WITA untuk meninjau secara langsung pemberlakukan PPKM skala mikro dan melakukan sampling swab antigen secara acak kepada 12 orang diantaranya 5 pengunjung bilkas Malaysia food, 6 pengunjung biliar, dan 1 orang pengelola café.

Setelah menunggu kurang lebih 15 menit Hasilnya 10 orang dinyatakan negative dan 2 orang lainnya reaktif yang mengharuskan untuk menjalani isolasi mandiri dan keesokan harinya mengikuti tes PCR untuk mengetahui secara pasti hasil diagnosanya “Ada 2 hasil yang memberikan gambaran, satu garis terang dan satu garis blur, jadi kami meminta kedua orang ini untuk diperiksa secara tes PCR atau golden diagnosis untuk covid-19, Kami minta untuk melakukan isolasi mandiri dan setelah kami tanyakan yang bersangkutan dirumahnya 4 orang layak untuk diisolasi malam ini dan besok kita akan melakukan pemeriksaan lanjutan”, Ujar Kepala DKK Balikpapan dr. Sri Andi Juliarti.

Kegiatan inspeksi mendadak ini dipimpin langsung oleh ketua satgas covid-19 Balikpapan Rahmad Mas’ud, bersama Forkopimda termasuk Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh dan melibatkan instansi terkait Dishub, BPBD, DKK dan satpol PP. Rahmad Mas’ud menilai kegiatan sidak ini dilakukan sebagai upaya memutus mata rantai penularan covid-19 di Kota Balikpapan yang beberapa hari terakhir ini trennya mengalami kenaikan namun belum signifikan seperti yang terjadi di Pulau Jawa dan Sumatera “Saya ingin menghimbau kesadaran warga sangat perlu diterapkan ditengah masa pandemi covid-19 ini , kami bersama jajaran forkopimda dan stakeholder selalu berkomitmen  untuk turun dilapangan memberikan rasa aman, nyaman dan menjamin kesejahteraan warga kota yang kami cintai ini”, Katanya.

Dari 6 kecamatan Kota Balikpapan, 5 Kecamatan kini telah memasuki zona oranye dan 1 kecamatan Balikpapan barat berstatus zona hijau, rahmad meminta bantuan masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan baik dalam rumah maupun luar rumah “kita tidak menginginkan ini berkembang dan perkembangan covid bisa sangat besar”, Ujarnya.

Setelah dilakukan kegiatan swab antigen secara acak ini, beberapa café dan restoran yang berlokasi di pasar segar melakukan penutupan sesuai penerapan PPKM pukul 22.00 WITA dan satpol PP melakukan razia ke beberapa café tidak jauh dari pasar segar yang berpotensi kerumunan tanpa jaga jarak. (dedy/bu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *