Berwisata ke Kota Balikpapan Wajib Cicipi Pilihan 13 Resto & Makanan Khas

BAGIKAN
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

BALIKPAPANUPDATE – Berwisata ke suatu tempat tidak lengkap rasanya jika tidak mengulik makanan khas daerah tersebut. Indonesia merupakan negara dengan beragam kulineran bercita rasa khas tiada duanya. Setiap daerah di Indonesia memiliki kuliner khasnya sendiri, jadi setiap kamu singgah di suatu daerah untuk berwisata jangan lupa untuk mencari wisata kulinernya juga. Jika kamu sedang ingin menikmati masakan khas timur Indonesia yang penuh dengan rempah dan tampilan sedikit berbeda cobalah datang ke Balikpapan.

Selain terkenal dengan wisata alam yang mempesona dan wajib untuk dikunjungi, Balikpapan juga mempunyai beragam kuliner khas yang menggoda, dan kurang jika hanya menyempatkan sehari untuk menjelajah kulinernya. Setelah lelah dengan aktifitas alammu atau merasa bosan dengan aktifitas wisata, maka kulineran adalah aktifitas yang tepat untuk mengembalikan mood dan kebugaran badan.

Berikut ini ada 13 pilihan tempat makan di Balikpapan yang bisa kamu kunjungi untuk menambah wawasan wisata kulinermu, atau hanya sekedar mencari inspirasi olahan makanan yang bisa kamu bawa pulang, dan coba memasaknya di rumah untuk santapan keluarga di rumah. Nah jika kamu sedang ada rencana berlibur ke kota minyak ini, referensi satu ini bisa dijadikan acuan yang tepat.

  1. Dandito Restaurant

Ingin menikmati masakan kepiting yang bercita rasa tinggi, cobalah datang ke Dandito Restaurant. Mereka menyajikan masakan kepiting saus dengan bumbu campuran tomat, jahe, gula merah, bawang, dan cabai. Tekstur sausnya kental berwarna merah dengan paduan rasa asam, manis, dan pedas yang bercampur menjadi satu. Bila ingin mencoba varian lain, bisa menggunakan saus lada hitam, kepiting asparagus, atau kepiting goreng dengan bumbu bawang putih.

Selain menu kepiting kamu juga bisa mencoba berbagai hidangan laut seperti udang, cumi, ikan cakalang. Tempat makan ini sudah terkenal di kalangan wisatawan yang rutin berlibur di Balikpapan, karena makanannya memang dibuat dengan seenuh hati, jadi jangan ragu lagi untuk mencoba mencicipi hidangannya.

2. Coto Makassar Hj. Judding

Ingin makan siang dengan menu yang segar-segar dan hangat, coba saja datang ke Coto Makassar Hj. Judding. Kapan lagi kan wisata ke Balikpapan namun berkesempatan merasakan nikmat segarnya Coto Makassar. Tempat makan coto di Balikpapan sebenarnya banyak, tapi tempat spesial kuliner satu ini sangat direkomendasikan untuk dicoba para wisatawan.

Selain makanannya yang enak, tempat makan ini terletak di pinggir pantai, ditemani angina sepoi-sepoi kamu bisa menikmati semangkuk coto berisikan daging dan jeroan yang mantap. Mantapnya lagi ketupatnya all you can eat, jaldi kamu bisa ambil sepuas hati yang penting jangan berlebihan saja, karena bisa mengakibatkan sakit perut.

3. Kedai Kopi Nam Min

Kedai kopi ini sudah berusia 59 tahun, kedai ini terkenal karena menyajikan roti produksi sendiri, kamu bisa menikmati hidangan aneka roti disini sambil ditemani secangkir kopi yang hangat. Menu andalan mereka adalah roti bakar dengan selai sarikaya yang juga dibuat sendiri. Sekarang sudah ada 2 lokasi Kedai yang siap melayani perut-perut laparmu dan menuntaskan rasa lelahmu dengan kopi hangat. Tempatnya juga artsy banget untuk tempat foto-foto pengisi instagrammu. Pulangnya kamu bisa bungkus roti yang baru keluar dari panggangan dan selai kemasan khas Depot Nam Min.

4. Bolu Gulung Jenebora

Oleh-oleh khas Balikpapan berbentuk kue lainnya adalah Bolu gulung Jenebora. Hadir sejak tahun 2012, Gulung Jenebora menjadi salah satu merek oleh-oleh yang cukup digemari. Bolu Gulung ini juga memiliki berbagai varian rasa seperti rasa polkadot, durian, pandan cheese, naga hijau, green tea, hingga raibow naga gulung. Cita rasanya manis dengan tekstur yang lembut membuat kue khas Balikpapan ini bisa dinikmati segala jenis usia. Bolu Gulung Jenebora bisa dibeli di outlet Gulung Jenebora, Jl. Jenderal Soedirman seharga kisaran Rp50.000/pack.

5. Pisang Gapit

Sajian pisang khas Kota Balikpapan ini bernama Pisang Gapit. Perpaduan antara pisang dengan gula merah membuat cita rasanya legit. Bentuknya sendiri mirip dengan Pisang Epe khas Makassar, namun dengan saus yang berbeda. Nama ‘gapit’ adalah istilah Bahasa Kutai atau banjar yang berarti dijepit. Selain dijepit, pisang yang sudah setengah matang ini dibakar hingga mengeluarkan aroma harum. Pisang Gapit juga biasa disajikan bersama saus berwarna kecokelatan, terbuat dari potongan nangka, santan, dan gula merah. Sajian ini bisa dibeli di Waroeng Banjar Bahari dan Kebun Sayur Nenek Bahari seharga kisaran Rp12.000/porsi.

6. Abon Kepiting

Jika biasanya abon dibuat dari sapi atau ayam, maka abon khas Balikpapan ini khusus terbuat dari kepiting. Memiliki cita rasa gurih dan nikmat, abon kepiting sangat cocok dimakan bersama dengan nasi putih hangat. Makanan yang mulai muncul sejak tahun 2005 ini awalnya bermula dari sebuah bisnis rumahan. Bentuknya sendiri tidak seperti abon sapi yang suwirannya besar-besar. Abon Kepiting memiliki tekstur sedikit halus dengan warna kecokelatan yang agak pucat. Abon Kepiting sering dijadikan sebagai oleh-oleh khas Balikpapan. Abon Kepiting bisa dibeli di BONTING dan Kampoeng Timoer seharga kisaran Rp25.000/pack.

7. Peyek Kepiting

Kepiting adalah salah satu hasil laut andalan di Balikpapan, oleh sebab itu banyak makanan khas yang dibuat dari olahannya. Selain Abin Kepiting, cemilan yang juga digemari dari Balikpapan adalah Peyek Kepiting. Sebenarnya bahan bakunya hampir sama dengan makanan peyek lainnya. Hanya saja tambahan daging kepiting cincang di dalamnya membuat rasanya lebih gurih dan nikmat. Adonannya sendiri terbuat dari campuran tepung beras, tepung tapioca, daging kepiting cincang, air, santan, dan bumbu lainnya. Peyek Kepiting bisa dibeli di Kampoeng Timoer dan Peyek Kepiting Mr. Cadas seharga kisaran Rp25.000/pack.

8. Mantau

Mantau merupakan makanan tradisional khas Balikpapan berbentuk roti lembut. Mantau atau roti mantau sudah ada sejak lama di Balikpapan. Biasanya roti mantau dibeli oleh para wisatawan sebagai buah tangan untuk dibawa pulang. Selain terkenal dengan sebutan mantau, roti ini juga kerap disebut dengan roti sepan.

Roti mantau sebenarnya merupakan makanan khas yang berasal dari Tionghoa yang kemudian mengalami proses akulturasi sehingga menjadi kuliner khas Balikpapan. Roti mantau mempunyai bentuk menyerupai bakpao. Bedanya, jika bakpao biasa berisikan daging, cokelat, ataupun isian lain, roti mantau tidak berisi apa-apa, melainkan hanya roti biasa dari olahan tepung terigu.

9. Melawai Balikpapan

Mau kulineran sambil menikmati keindahan pantai Melawai? disini pilihan kuliner malamnya, kawasan Melawai Balikpapan. Berlokasi di Jalan Jendral Sudirman, dekat dengan Lapangan Merdeka, Kelurahan Prapatan, Kecamatan Balikpapan Kota, Kalimantan Timur, tempat makan satu ini bisa jadi tujuan anda untuk kulineran malam bersama keluarga. Suguhan angin malam khas pantai melawai ditemani ragam kuliner mulai dari bakso, rawon, soto, ayam bakar dan berbagai menu lainnya yang bakal memanjakan lidah. Tidak hanya itu konsep tempat lesehan juga bakal bikin anda bisa lebih dekat berbincang bersama keluarga maupun pasangan saat kulineran malam disini. Tertarik untuk mencoba sensasi kuliner malam Batam disini?

10. Lotus Cafe Balikpapan

Menikmati ragam olahan seafood sebagai pilihan kulineran malam? Anda bisa datang ke Lotus Cafe Balikpapan sebagai alternatif pilihannya. Merupakan salah satu tempat makan yang bisa jadi pilihan anda untuk kuliner malam Balikpapan, dimana anda akan disuguhkan dengan berbagai menu seafood, dan berbagai menu lainnya yang pastinya nikmat dan lezat.

Tidak hanya itu, suara deburan ombak dan angin pantai yang sejuk bakal bikin anda makin betah berlama-lama kulineran disini. Lotus Cafe Balikpapan, berlokasi di Komplek Ruko Bandar Jalan Jend. Sudirman Blok K4, No. 5,6,7, Balikpapan Kota dan buka mulai pukul 14.00 – 23.00. Cocok bukan sebagai pilihan tempat menghabiskan malam di Kota Balikpapan bersama keluarga?

11. Kuliner Malam Taman Bekapai

Ingin menikmati ragam kuliner kaki lima di Balikpapan dengan rasa yang nikmat? Anda bisa datang ke Kuliner Malam Taman Bekapai. Merupakan salah satu tempat kuliner malam Balikpapan, dimana anda akan menemukan ragam kuliner mulai dari soto, bakso dan berbagai menu lainnya. Ada juga berbagai camilan lho disini! Berlokasi di depan kantor PLN, dekat dengan Taman Bekapai, anda bisa menikmati ragam kuliner enak dengan harga yang terjangkau, ditemani dengan pemandangan air mancur serta suasana khas Kota Balikpapan. Tertarik untuk kulineran disini?

12. Betah Melek Balikpapan

Seperti namanya, Betah Melek Balikpapan merupakan salah satu pilihan yang tepat bagi anda yang sedang lapar tengah malam. Merupakan salah satu tempat kuliner malam di Balikpapan yang menyuguhkan berbagai menu angkringan dengan cita rasa nikmat dan harganya yang terjangkau. Anda bisa menemukan berbagai makanan disini mulai dari sosis bakar, berbagai sate seafood sampai nasi kucing juga ada. Berlokasi di Jalan MT. Haryono Dalam X, Gn. Bahagia, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, angkringan satu ini buka mulai pukul 18.00 – 02.00. Tertarik untuk mencoba kenikmatan kuliner malam Balikpapan disini?

Berbagai pilihan tempat untuk kuliner malam Balikpapan mulai dari kaki lima sampai cafe dengan suasana yang menarik dan khas bakal melengkapi kulineran malam anda saat di Balikpapan. Jangan sampai anda melewatkan waktu malam dengan berdiam diri tanpa berburu berbagai kuliner dan spot foto menarik di berbagai tempat kuliner malam di Balikpapan ya sobatPastikan liburan anda semakin lengkap dan semarak dengan mengunjungi semua tempat rekomendasi Kuliner Kota di atas.

13. Fruts99 Balikpapan

Tenpat nongkrong yang satu ini mendadak viral di tahun 2019 karena konsep yang disajikan café ini sangat kekinian dan instagrammable banget. Waktu itu aku nongkrong sama temen-temen aku. Dari luar ini saya sudah melihat parkiran yang cukup luas dan terlihat banner besar bertulisa Fruit Cafe. Di cafe ini memiliki 2 pilihan ruangan diataranya ada outdoor dan indoor, kalo kamu yang ngerokok pas banget nongkrong di area outdoor.  Tapi karena aku gak ngeroko jadi aku memiliih duduk di area indoor guys. Yang menarik dari area indoor yaitu terdapat 2 pilihan tempat 1 di kursi dan 1 lagi duduk lesehan. 

Karna di lesehan itu dekorasinya lucu banget jadi aku memilih untuk duduk disana guys. Nah disini kamu bakal di manjakan dengan dekorasi cafe yang melekat dengan alam yaitu berupa rerumputan dan bunga-bunga yang indah menghiasi cafe. Setelah dapat tempat yang uenak, pelayannya langsung memberikan buku menu ini. Aku pikir dari tampilan cafe yang lumayan mewah ini, menunya hadir dengan harga terjangkau. Saat itu aku pesan ice cream dan burger yang lucu banget karena warna roti nya yang berwarna biru. Nah sambil menunggu disini aku dengerin musik sambil duduk santai ngobrol sama temen ku. 15 menit kemudian akhirnya pesanan ku datang guys…


Nah beginilah tampilan dari menu burger yang aku pesen guys, lucu banget kan? rasanya sayang banget dipotong. Karna kepo sama rasanya aku potong… Nah untuk rasanya dari rotinya itu empuk banget dan ditambah dengan sayur+saus nya yang membuat dilidah segar!!! yang paling menarik adalah daging ayam yang crispy dengan bumbu ayam yang memiliki cita rasa asin+manis+gurih adalah perpaduan burger yang memanjakan lidah kalian. Gak lebay guys burgernya enak banget… dengan harga yang terjangkau pas banget untuk kamu pencinta burger.

Menurut aku tempat ini rekommended banget untuk kamu yang suka dengan suasana santai dan menu-menu yang murah! Penasaran gimana rasa ice cream sama burger yang aku cobain? Kuy langsung ke Fruit Cafe. Disini juga pelayanannya sangat ramah…saat aku pulang aja semua karyawan nya bilang makasih dan terlihat sekali semua karyawan disini sangat ramah dan pastinya solid untuk membuat pelanggan nyaman, saat berkunjung ke cafe ini. Lokasinya di komplek Pasar Segar Balikpapan Baru.

Bagaimana, beberapa ulasan tempat makan di Balikpapan tadi sepertinya lebih dari cukup ya untuk ide kulineranmu. Ada beberapa tips tambahan agar kulineranmu bisa berjalan dengan lancar. Pertama, pastikan jam buka dan tutup tempat makan yang akan dituju. Susun jadwal harian saat liburan di Balikpapan, jika ingin menikmatinya saat jam makan siang, maka usahakan datang lebih cepat sebelum jam makan siang agar tidak menunggu makanan terlalu lama. Kedua, pilih tempat wisata dan tempat makan yang berdekatan, hal ini untuk menghindari salah rute dan membuang-buang waktu liburan yang berharga.

Ketiga, untuk kamu yang islam pastikan tempat makan yang dituju bersertifikat halal dan layak konsumsi. Untuk liburan yang menyenangkan kamu harus pintar-pintar mengatur semua jadwal dan rencana secara rinci jauh-jauh hari, catat pula resiko kejadiantak terduga yang mungkin akan menimpamu. Susun antisipasi tepatnya untuk berjaga-jaga tentunya, saking banyaknya kulineran tempat makan yang ada di Balikpapan tentu membuatmu bingung memutuskan mana yang akan dicoba.

Sebaiknya cukup mencoba beberapa saja, sesuaikan saja dengan budget dan waktu liburanmu. Selain itu paskan juga dengan suasana yang kamu inginkan. Misalkan saja kamu dan rombongan ingin makan dengan suasana malam yang ramai dan akrab, maka kaki lima dan street food Balikpapan adalah pilihan yang tepat untuk kulineranmu. Nah, bagaimana sudah sipa liburan ke Balikpapan dman merasakan sensasi kuliner kepiting jumbonya yang enak atau macaw yang disantap dengan sapi lada hitam dan kopi hitam yang masih panas. Jangan lupa sebelum pulang sempatkan pula membeli oleh-oleh untuk orang rumah ya. Selamat liburan. (ad/bu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *