KPU Balikpapan Usulkan Pemilihan OSIS SMA-SMK Serentak di Balikpapan Tahun 2020

BALIKPAPANUPDATE – KPU Kota Balikpapan berencana mengusulkan ke KPU Provinsi terkait pemilihan osis secara serentak di seluruh SMA maupun SMK di Kota Balikpapan. Hal ini dilakukan Sebagai upaya dalam meningkatkan partisipasi pemilih pemula, KPU kota balikpapan akan bekerjasama dengan SMA-SMK dalam menerapkan sistem demokrasi dalam tahap pemilihan ketua osis, hal ini dilakukan sebagai bentuk edukasi politik.

Hingga saat ini tercatat sudah 7 sma smk  dan 1 smp di balikpapan yang mengundang KPU balikpapan untuk memberikan edukasi politik dalam hal penerapan sistem demokrasi lewat pemilihan ketua dan wakil osis. Untuk Tahapan pemilihan semuanya diarahkan oleh KPU tanpa campur tangan guru, namun untuk pencoblosan tetap melibatkan guru, karyawan sekolah dan siswa siswi “ini menandakan bahwa pendidikan pemilih maupun pendidikan politik di tingkat sekolah sudah mulai berjalan dan ini adalah kabar baik bagi kita sehingga kedepannya akan semakin gencar dan masiv tidak hanya satu sekolah melainkan sekolah lain di kota Balikpapan”. Tutur divisi pertisipasi masyarakat kpu balikpapan syahrul karim ketika diwawancarai awak media diruang kerjanya pada rabu siang (11/6).

Syahrul menilai proses pemilihan ketua OSIS secara demokrasi tersebut penting untuk dilakukan sebagai cara untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula di pilkada Balikpapan tahun 2020 mendatang.(ad/bu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *