BUSET DAH !!! Pelaku Pencuri Modus Pecah Kaca di PPU Ternyata Belajar Lewat Youtube

BALIKPAPAN UPDATE – Aksi Pelaku pencurian pecah kaca mobil di Penajam Paser Utara yang baru-baru ini ditangkap polisi, Andi Faizhi (33) mengaku mendapat keahlian itu dari youtube. Tak sampai 5 detik ia bisa pecah kaca mobil bermodal busi motor. Tanpa suara berlebihan saat melakukan aksi kejahatan di PPU, Kalimantan Timur. “Belajarnya sama teman, dengan youtube. Apa benar bisa atau tidak, awalnya,” kata Andi Faizhi kepada awak media Kamis (7/3/2019).

Dari 7 kali beraksi sejak 2 bulan terakhir. Andi menyasar para korbannya yang hendak melaksanakan salat dan Melibas habis barang korban yang berada didalam mobil, meskipun sudah sering beraksi andi mengaku pernah gagal tak menemukan uang atau barang yang diincar. “Sembarang aja, pak. Orangnya pergi sholat langsung (pecah kaca). Pernah ada yang gak ada uangnya,” tuturnya. Kawasan yang sering didatangi Andi untuk melaksanakan aksinya yakni Tanjung, Penajang, Kuaro hingga Petung di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Usai beraksi, biasanya Faizhi langsung kabur ke Balikpapan. Ia tinggal di salah satu rumah rekannya di kawasan Kampung Baru, Balikpapan Barat. Rekannya tak tahu bahwa Faizhi merupakan spesialis pencurian pecah kaca mobil di PPU. Di Balikpapan pelaku jual barang curiannya. “Cuma mau dijual. Biasa jual di konter, kadang di tempat mantan kerja, dulu saya supir. Yang terakhir smartphone sama uang aja,” bebernya. Tersangka mengaku terpaksa berbuat jahat. Lantaran untuk menopang kehidupan. “Buat hidup. Anak saya dua. Saya pengangguran,” keluhnya. spesialis pencurian pecah kaca mobil di PPU ini akhirnya dibekuk polisi di kawasan Kampung Baru Balikpapan Barat, Selasa (5/3/2019) malam.

Pelaku ditangkap tim gabungan Jatanras Polda Kaltim dan Polres Penajam Paser Utara. Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Kaltim Kombes Pol Andhi Triastanto mengungkapkan, dari hasil interogasi sebanyak 7 kali tersangka beraksi. Semuanya di kawasan Penajam Paser Utara. Ironisnya, pelaku menyasar mobil yang parkir di rumah ibadah. Saat korbannya keluar dari mobil, lalu menuju masjid. Saat itulah Faizhi beraksi. “Semuanya di masjid. Ketika orang sholat dia mulai beraksi. Kejadian Januari-Februari,” katanya.

Cukup bermodal busi kendaraan. Bagian bawah busi dipecahkan. Dihaluskan menjadi serpihan. Diberi sedikit air, kemudian dilemparkan material busi tersebut ke kaca mobil. ‘Plassss’ seketika kaca mobil retak. Barulah ia dorong kaca perlahan menggunakan tangan. Cukup singkat dan cepat. Dikekernya barang berharga di dalam mobil. Selanjutnya kabur.

“Dia pakai busi, terus dipecahin, dikasih air. Baru lempar. Gak sampai 5 detik kacanya pecah. Ada barang langsung ambil. Semua TKP di Penajam dan tadi malam anggota tangkap di Kampung Baru,” ujar pejabat utama Polda Kaltim melati 3, Rabu (6/3/2019). Triastanto menyebut, pelaku merupakan spesialis kejahatan pecah kaca. Kendati mengaku 2 bulan terakhir di Penajam. Pihaknya masih mengembangkan kasus ini. Diduga pelaku seperti ini memiliki jaringan tersendiri. “Ya, termasuk spesialis,” ucapnya. Atas perbuatannya tersangka dijerat pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 12 tahun pidana penjara. (ad/bu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *