4 Tempat Wisata Favorit Yang Asik Dikunjungi Saat Libur Hari Raya Nyepi 2019 di Kota Balikpapan

BALIKPAPAN UPDATE – Tanggal merah atau hari libur nasional tentunya pasti dimanfaatkan kalian untuk berkumpul bersama keluarga, sahabat, teman dan pacar. Apalagi hari ini bertepatan dengan Hari Raya Nyepi 2019, Bagi kalian yang tinggal di Balikpapan tapi bingung untuk menghabiskan libur Nyepi hari ini, kini B-update akan memberikan tempat rekomendasi yang paling asik dikunjungi saat libur Nyepi Hari ini. 

1. Pantai Manggar

Bagi warga Balikpapan tak asing mendengar tempat Wisata Pantai Manggar. Wisata yang berada di wilayah Balikpapan Timur kini menyediakan fasilitas Baru. Tak perlu keluar kota untuk menikmati vitamin sea. Cukup ke Pantai Manggar, suasana pantai Manggar di sore yang ramai membuat anda lama berada di sana. Ditambah fasilitas baru yakni Joging Track, para pengunjung bisa bersantai ria tanpa menyewa terpal lagi untuk menikmati indahnya Pantai Manggar.

Wahana bermain pun sangat banyak, selain wahana bermain perahu, banana boat, ada pula beca sepeda yang bisa disewa untuk mengelilingi Pantai Manggar. Dari Informasi para pengunjung saat ini pantai Manggar sudah indah dan bersih. Tak seperti dulu. Yuk ke Pantai Manggar

2. Waduk Teritip

Bendungan atau Waduk Teritip Balikpapan. Bendungan Teritip ini tidak hanya untuk menampung air baku saja, kini dikeleloa dan dijadikan sarana rekreasi dan olahraga oleh Badan Wilayah Sungai (BWS). Jaraknya sekitar 1 jam lebih dari pusat kota, berada di Jalan Mulawarman, Gang Mufakat, Kelurahan Teritip, Kecamatan Balikpapan Timur. Tak dipungut biaya atau gratis, warga bisa menikmati beberapa wahana seperti ayunan, dan perosotan serta wahana berolahraga lainnya.

Walau belum diresmikan, Bendungan atau waduk Teritip ini sudah dibuka untuk warga. Selain wahana bermain, di Bendungan atau Waduk Teritip juga dilengkapi musollah, gazebo, dan toilet umum. Beberapa waktu lalu di Bendungan atau Waduk Teritip juga difungsikan sebagai tempat Family Day beberapa perusahaan. Walau belum ada UKM resmi, disepanjang Bendungan atau Waduk Teritip dilengkapi warungt-warung kecil yang menjual sembako dan jajanan.

Jika tak cocok dengan jajanan, disarankan untuk membawa makanan dan bekal sendiri dari rumah. Karena lokasi menuju Bendungan dan Waduk Teriti lumayan jauh dari hiruk piruk perkotaan. Bendungan atau Waduk Teritip memiliki kapasitas tampung sebesar 2,43 juta m3, siap dimanfaatkan untuk memasok kebutuhan air baku Kota Balikpapan yang mengalami kekurangan.

Sesampainya di Bendungan atau Waduk Teritip para pengunjung disambut dengan segarnya angin dari pepohonan rindang. Seruk? Pastinya, cocok untuk menghabiskan libur weekend bersama keluarga. Nurul pengunjung warga KM 11 Balikpapan mengatakan, ia mengetahui bendungan atau waduk Teritip ini dari Instagram atau sosial media. Dirinya pun takjub melihat perubahan Bendungan atau Waduk Teritip. “Kebetulan ayahnya sedang libur, mau cari wahana baru, bosan juga kan ke mall terus,” kata Nurul.

Disampaikan Nurul, wahana baru liburan di Waduk Teritip ini cocok untuk berlibur bersama keluarga. “Saya datang bersama keluarga,” katanya. Pada akhir tahun 2016, Kementerian PUPR melalui Balai Wilayah Sungai Kalimantan III, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air sudah menyelesaikan Pembangunan Bendungan Teritip. Selain itu sudah selesai rumah pompa dan pipa air baik vertical kapasitas 2×200 l/dt, rumah jaga dan pipa transmisi air baku diameter 400 mm sepanjang 1 km untuk mendukung berfungsinya SPAM Teritip.

3. Danau Cermin Lamaru

Danau Cermin sempat hitz beberapa tahun lalu, kini kondisi danau masih bersih, walau kurang terawat. Danau Cerming atau Danau Rawamamgun berada di Jalan Rawamangun RT 20 Kelurahan Lamaru, Kecamatan Balikpapan Timur, Kalimantan Timur. Danau Cermin walau diketahui banyak ikanny. Namun tak satu orang pun terlihat memancing, sebab danu yang berwarna kehijuan ini dipercaya oleh warga sekitar memiliki penunggu. Walau begitu, danau Cermin tak pernah kering saat kemaru, airnya digunakan warga untuk kebutuhan sehari-hari.

4. Penangkaran Buaya

Lokasi Penangkaran Buaya tak jauh dari Permukiman warga. Wisata penangkaran Buaya ini terkenal dengan wisata bahari. Sudah ada sekitar 20 tahun lalu, kini penangkaran Buaya masih sering dikunjungi wisatawan. Penangkaran buaya menjadi tempat liburan alternatif kali ini. Cukup membayar Rp 20.000 perorang pengunjung sudah dapat melihat aktivitas buaya dari dekat.

Setiap musim liburan pengunjung sangat ramai, ada ratusan buaya di Penangkaran Buaya Teritip. Buaya-buaya yang ada dari berbagai jenis. Selain melihat buaya dari dekat, para pengunjung pun bisa melihat aktivitas hewan lainnya, gajah. Penangkaran buaya Balikpapan yang dikelola oleh Satwa Lestari Jaya dengan Nama Taman Satwa Balikpapan, atau dikenal dengan Penangkaran Buaya Teritip.

Berlokasi di Jalan Mulawarman No. 66, RT. 029, Kelurahan Teritip, Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Para pengunjung pun bisa bersua foto langsung dengan anak Buaya. Cukup membayar Rp 10.000 pengunjung bisa mengabadikan moment langkah tersebut. Berdasarkan Perda Nomor 6. Tahun 2016 Tarif Tiket diantaranya : Tiket Perorang Rp 20.000, Kendaraan Roda Dua Rp 2.000, Kendaraan Roda Tiga Rp 5.000, Berfoto dengan Reptil kecil Rp 10.000 Fasilitas mulai dari Gazebo, Musolah, Toilet, UKM, Warung Makan dan Lainnya. Nah sudah B-update jabarin kan pilihan tempat wisata yang bisa kalian kunjungi mumpung liburan cess, ngegas kesana sudah kalian. (ad/bu) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *