Susah Tidur, Suara Ini Ternyata Bisa Membuat Anda Cepat Tidur Loh !

BALIKPAPAN UPDATE -Terkadang seseorang yang mengalami kesulitan tidur akan merasa frustasi lantaran bingung harus melakukan cara apalagi agar bisa tidur. Sebab, Hal tersebut sangatlah menyiksa.

Apalagi untuk kamu yang pada siang hari memiliki aktivitas yang begitu padat. Susah tidur adalah masalah umum yang menguras energi, mood, kebugaran tubuh, dan kemampuan beraktivitas kamu selama sehari ke depan. Insomnia kronis bahkan dapat menyebabkan masalah kesehatan serius.

Setiap orang membutuhkan lama waktu tidur yang berbeda-beda, insomnia didefinisikan dari kualitas tidur dan bagaimana perasaan setelah terbangun di pagi hari bukan jumlah jam tidur atau seberapa cepat kamu terlelap di malam hari. Bahkan jika kamu menghabiskan 8 jam tertidur, tapi kamu masih merasa ngantuk dan lelah lesu di siang hari, kamu mungkin mengalami susah tidur. Meski begitu, kamu tak perlu khawatir. Ada banyak cara untuk menangani susah tidur yang bisa kamu baca di Internet tapi tidak semua berhasil membantu kamu.

Ada cara unik untuk membantu kamu mengatasi susah tidur salah satunya white noise. Berikut telah B-update rangkum dari berbagai sumber,


Apakah white noise itu?

Salurkan Bantuan Air Bersih Melalui Mata Air Indosiar
(Ilustrasi: i.huffpost.com)

White noise adalah kombinasi berbagai suara dari berbagai frekuensi. Karena itu, white noise dapat “menutupi” suara-suara yang mengganggu ketenangan tidur, misalnya suara orang berbicara, suara pintu dibuka, serta suara aktivitas lainnya.

Contoh sederhananya adalah ketika kamu berada di kamar dan merasa terganggu dengan percakapan orang-orang di luar, kamu menyalakan kipas angin agar bunyinya dapat menutupi suara-suara percakapan tersebut.

Otak kita dapat mengenali 2 atau 3 suara sekaligus, namun bila ada 1000 suara sekaligus, tentunya otak kita tidak dapat mengenalinya satu per satu lagi. Inilah konsep mudah untuk menjelaskan white noise.


Cara Mendapatkan White Noise

kipas angin
Ilustrasi kipas angin (iStockphoto)​

1. Nyalakan kipas angin

Suara kipas angin juga bisa menjadi white noise yang bisa membantumu untuk rileks dan cepat tidur. Setelah menyalakan kipas angin, kamu bisa menyalakan musik tenang dengan volume sedang.

Selain menggunakan ini, kamu juga bisa memperdengarkan suara white noise melalui aplikasi di ponsel yang telah tersedia di Android maupun iOS.

2. Gemericik air

Mungkin kamu tidak menyadari bahwa gemercik air bisa membuat kamu cepat tidur. Biasanya saat kamu ada di dekat sungai atau sebuah kolam dan mendengarkan gemericik air kamu tiba-tiba akan merasa mengantuk. Suara white noise alami lainnya adalah rintikan hujan dan suara ombak

Anjuran mengatur suara white noise ini harus disamakan dengan suara berisik lainnya, ketika kamu tidak bisa tidur karena bising. Tapi jika dalam suasana sepi seperti tengah malam kamu tidak bisa tidur kamu bisa mengaturnya sesuai kebutuhan kamu. (ad/bu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *