Jelang Paripurna HUT Kota Balikpapan ke-122, Abdulloh Ingatkan Para Undangan Memakai Pakaian Adat Nusantara

BALIKPAPAN UPDATE – Agenda perayaan HUT ke-122 Kota Balikpapan yang jatuh pada 10 Februari 2019 mendatang akan dimulai pada 7 Februari nanti, yaitu Rapat Paripurna Istimewa yang akan dilaksanakan di Aula Balai Kota Balikpapan. Acara rapat paripurna istimewa merupakan agenda sakral 1 tahun sekali jadi diharapkan semua hadir dan tidak ada yang mengajukan izin.

Hal itu dikatakan Ketua DPRD Balikpapan, Abdulloh, S.Sos saat jumpa pers dalam rangka persiapan Rapat Paripurna Istimewa yang dihadiri puluhan wartawan dari media cetak, elektronik dan online di aula Rumah Dinas Ketua DPRD Jalan ARS Muhammad Gunung Pasir Balikpapan, Senin (04/02/2019). “Dalam rangka memperingati HUT Kota Balikpapan ke-122, anggota DPRD Balikpapan diharapkan hadir semua dan tidak ada yang mengajukan izin karena rapat paripurna kali ini sangat istimewa,” kata Abdulloh didampingi Ketua 1 HUT ke-122 Kota Balikpapan Bidang Acara dan Upacara yang juga Kepala Dishub Balikpapan Sudirman Djayaleksana dan Sekretaris DPRD Balikpapan Abdul Aziz. Dia menambahkan, Rapat Paripurna Istimewa nanti akan dihadiri langsung oleh Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud, 45 anggota legislatif, pejabat utama Pemkot Balikpapan, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Balikpapan, tokoh masyarakat, tokoh agama hingga tokoh pemuda.

Rapat Paripurna Istimewa nantinya juga mengundang 459 tamu mulai dari tokoh masyarakat, tokoh agama, paguyuban dan pihak lainnya termasuk unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). “Para undangan yang hadir harus mengenakan pakaian adat budaya masing-masing,” ucapnya. Dalam agenda tersebut juga diselingi dengan berbagai acara, seperti pemberian penghargaan warga berprestasi dan penandatanganan nota kesepahaman mengenai tanggung jawab sosial perusahaan atau selama dikenal dengan sebutan CSR.

Di hari yang sama, usai pelaksanaan Rapat Paripurna Istimewa, juga akan digelar Festival 1.000 Bunga yang ditempatkan di halaman Kantor Wali Kota Balikpapan. Sehingga, akan ada pengaturan kembali mengenai parkir bagi para tamu selama acara.

Untuk itu Kepala Dishub Balikpapan, Sudirman Djayaleksana mengatakan akan melakukan rekayasa lalu lintas, dan mengarahkan beberapa agenda acara untuk parkir di Gedung Parkir Klandasan. Hal itu dilakukan sebagai ujicoba pelaksanaan bebas parkir di halaman Kantor Wali Kota Balikpapan sekaligus memanfaatkan Gedung Parkir Klandasan sebagai tempat parkir kendaraan. “Sengaja kita arahkan parkir di Gedung Parkir Klandasan dengan tujuan membiasakan masyarakat memarkirkan kendaraannya di tempat parkir yang telah disediakan,” ujar Sudirman.

Untuk tamu yang parkir di GPK tak perlu risau karna sudah disediakan akomodasi menuju aula pemkot. “Kami siapkan shuttle car dan bus antar undangan dari Gedung Parkir ke Aula Pemkot,” kata Sudirman pada B-update. Namun, untuk tamu VVIP sudah disiapkan lokasi parkirnya yakni di lahan kosong samping Kantor Wali Kota Balikpapan, depan Kantor Pos, Satpol PP, serta di halaman Masjid At-Taqwa. “untuk parkiran VVIP dan VIP diharapkan untuk memakirkan kendaraannya di dihalaman eks polda kaltim” lanjutnya.

Per tanggal 9 Februari nanti akan diresmikan secara formal juga gedung parkir klandasan sebagai sarana kegiatan Ekonomi Kreatif. ” Ada sekitar 20 kios, atas dan bawah. Dalam Ekonomi Kreatif, akan diisi dengan kegiatan anak muda sesuai tema Balikpapan kreatif, kondusif dan sukses Pemilu 2019,” ujarnya. Untuk informasi,  hari ini diperkirakan akan selesai pemasangan seperti pembuatan kursi, taman dan agenda ini juga disiarkan secara langsung Balikpapan Tv, BKV dan Onix radio. (ad/bu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *