Upaya BKKBN Memanfaatkan Bonus Demografi di Indonesia

Perlu diketahui di Indonesia sudahmemasuki era bonus demografi sejak tahun 2012, ini ditandai dengan jumlah wargausia produktif yakni 16 hingga 65 tahun yang lebih besar dibandingkan kalanganlanjut usia. Hingga saat ini saja jumlahnya sudah mencapai 60 persen dari total penduduk indoensia yakni 270 juta penduduk. Tidak hanya kuantitas, kualitasjuga perlu ditingkatkan lagi karena jaman semakin berkembang dan tantangan luarjuga makin berat seperti MEA.

Badan kependudukan dan keluargaberencana nasional BKKBN menjelaskan indonesia diperkirakan akan menerima bonusdemografi kependudukan puncaknya pada 2020 hingga 2036. “jadi sifatnya sekarang makin kompetitif, jika kita tidak memilikipotensi bukan jadi peluang maka menjadi bencana”, jelas Deputi BIDLALITBANG BKKBN, MuhammadRizal Martua Damanik

Untuk mendukung bonus demografi Indonesia BKKBN membuat program-program peningkatan kualitas usia produktif, “kami membuat program KB, PIK R program remaja, pemilihan duta genre Indonesia, dan kecamatan provinsi nasional” lanjutnya. Program ini bertujuan  untuk meningkatkan kualitas bonus demografi, Sehingga nantinya akan menciptakan generasi kreatif dan inovatif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *