Disnaker Balikpapan Gelar Job Market Fair, Ini Lowongan yang Tersedia

BALIKPAPAN UPDATE – Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) akan menggelar Job Market Fair 2018 yang dilaksanakan di Balikpapan Sport Convention Center (BSCC) Dome, pada tanggal 29-30 Agustus mendatang.

Kepala Disnaker Balikpapan Tirta Dewi mengatakan, bahwa, pameran bursa kerja diikuti sekitar 80 perusahaan, dan bagi perusahaan membutuhkan tenaga kerja silahkan mendaftar ke Disnaker paling lambat tanggal 15 Agustus.

“Kami sudah edarkan pemberitahuan ini. Job Market Fair 2018 ini menyediajan sebanyak 545 lowongan kerjaan dengan 54 jabatan,” kata Tirta, Rabu (15/8/2018).

Lowongan terbesar yakni dibidang perdagangan dan perhotelan, kedua jasa keuangan dan perbankan, ketiga Jasa Pertambangan dan penyedia jasa tenaga kerja.

“Saat ini, ada 8 perusahaan perbankan yang mengajukan, dan 19 perusahaan bidang perhotelan. Target kita 80 perusahaan,” ujar Tirta.

Melihat animo tahun lalu ada 90 perusahaan tergabung dengan 1.600 Lowongan kerjaan.  Diharapkan dengan adanya Job Market Fair ini bisa mengurangi pengangguran di Balikpapan.

Menurut Tirta, dengan seringnya dilaksanakannya bursa kerja ini dinilai efektif untuk mengatasi pengangguran di Balikpapan.

“Hanya tinggal bagaimana pencaker kita menangkap peluang ini. Saya harapkan pencaker tidak manja dan bisa survive karena peluang kerja ini membuat mereka memiliki pengalaman kerja,” ujar Tirta.

Selama ini, lanjut Tirta. Jika dilihat dari lulusan yang ada, para pencaker ini belum siap untuk kerja, baru siap latih

“Ini bisa menambah pengalaman mereka didalam dunia usaha. Karena dunia pendidikan dan dunia usaha sangat berbeda. Oleh karenanya kita harapkan sebelum kedunia kerja, karena ini pertemuan antara pengusaha dan pencari kerja, juga bangunlah kapasitas dirinya dengan pelatihan sertifikasi,” katanya.

Dari data Disnaker, perusahaan banyak mencari tenaga kerja dengan jenjang SMA.

Bagi pencaker ingin bergabung segera ambil formulir pendaftaran Di Lantai 1 Dinas Tenaga Kerja kota Balikpapan dengan memperlihatkan kartu kuning baru.

Tirta menyampaikan, untuk jumlah pengganguran di Balikpapan lumayan banyak, dari dua tahun ini sebkitar 31 ribu.

Diharapkan dengan adanya Job Fair dan pelatihan Pertamina, atau perluasan kilang bisa terserap dengan kemampuan yang pencaker miliki.

SUMBER : tribunkaltim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *